Welcome to Our Blog

Welcome to Our Blog
nice pict

Kamis, 03 Februari 2011

RPP BAHASA INGGRIS (READING)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi (reading)
  1. Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk report, narrative, dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan

  1. Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
  1. Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: report

  1. Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk:
report,narrative, dan analytical exposition

Indikator
  • Merespon wacana monolog: report
  • Melakukan monolog berbentuk : report

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat merespon wacana monolog: report
  • Siswa dapat melakukan monolog berbentuk report

  1. Materi Pokok
Teks monolog report, contohnya berikut:
Uhmm....... do you know Arachnids? I mean, it is a spider. Spiders are not insects. I mean spiders are Arachnids. Arachnids have four bite pairs of legs but they only have two body parts while insects have three pairs of legs and three body parts. The most surprising thing is that spiders have two to four pair of eyes. They can see extremely well.
Uhm .... spiders eat small insects such as flies and mosquitoes and you know what? They sometimes bite people. When a spider bites an insect, it doesn’t kill the insect immediately but a special poison passes through its fangs, and this poison paralyzes the body of the unlucky insect.
Most spiders make their own homes. They do this with a special substance produced by their bodies. In the corner of some rooms it is possible to find a spider’s web where the spider is waiting for its next dinner guest.





  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique


  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal
      • Siswa membaca penjelasan tentang teks monolog lisan report.

  • Kegiatan Inti
      • Siswa mendapat penjelasan mengenai teks monolog report (definisi dan organisasi teks)
      • Siswa mendengarkan teks monolog report.dengan bantuan audio
      • Siswa melengkapi teks monolog report.
      • Siswa mendiskusikan isi jawaban mereka
      • Siswa membaca teks monolog report.
      • Siswa menjawab pertanyaan
      • Siswa mengidentifikasi teks monolog report. yang didengar

  • Kegiatan Akhir
      • Siswa membuat kesimpulan mengenai karakteristik teks monolog report dan mendapat tugas membuat laporan pengamatan mengenai Lion secara berpasangan.

  1. Sumber/Bahan/Alat
  • Buku Look Ahead 2
  • Kaset/CD
  • Script dari Look Ahead 2

6. Penilaian
      • Teknik: Performance Assesment
      • Bentuk: Cloze passages (listening) pertanyaan lisan, membaca teks monolog 



Mengetahui 05 November 2009
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran



Muhammad Mustofa, S. Ag                                                              Kholil Hamid

RPP BAHASA INGGRIS (WRITING)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 8
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit


Standar Kompetensi (writing)
Memahami makna teks monolog/esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi Dasar
Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: report

Indikator
  • Mengidentifikasi makna dalam teks:report
  • Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam wacana:report

  1. Tujuan Pembelajaran


  • Siswa dapat mengidentifilasi langkah-langkah retorika dalam wacana: report


  1. Materi Pokok
Teks monolog/esei berbentuk report, contoh,
The Solar System

The solar system consists of a star (the sun), the planets and a number of other bodies, such as satellites and asteroids. The sun is the centre of the solar system. The planets revolve around it. There are nine planets in all. They are : Mercury, Venus, Earth, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune, and Pluto. Some planets have satellites. The Earth has one satellite. It is called the Moon. (Taken from: Reading and Thinking in English, Oxford University Press)















  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique




  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal
Memberi tanggapan terhadap gambar yang tersedia

  • Kegiatan Inti
      • Siswa menentukan bentuk kata pasif pada teks report
      • Siswa membaca teks report
      • Siswa mendiskusikan relating verbs pada teks report
      • Siswa mengidentifikasi relating verbs pada teks report dengan menggaris bawahi teks
      • Siswa menentukan perubahan bentuk kata kerja untuk Simple past Tense pada teks report
      • Siswa mendiskusikan behavioral verbs pada teks report
      • Siswa mengerjakan soal evaluasi tertulis

  • Kegiatan Akhir
      • Siswa mereview ciri kebahasaan yang ada pada teks report

  1. Sumber/Bahan/Alat
  • Buku Look Ahead 2

  1. Penilaian
    • Teknik: Tugas
    • Bentuk: latihan tertulis







Mengetahui 19 November 2009
Kepala Sekolah                                                                                     Guru Mata Pelajaran



Muhammad Mustofa, S. Ag.                                                                      Kholil Hamid

RPP BAHASA INGGRIS (LISTENING)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi (listening)

  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari
  2. Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.


Kompetensi Dasar
  1. Merespon makna dalam makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: reports
  2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk: report


Indikator
  1. Merespon wacana monolog: report
  2. Melakukan monolog berbentuk : report

  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat merespon wacana monolog: report
  • Siswa dapat melakukan monolog berbentuk : report

  1. Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk: report, contohnya:
Whales are sea-livings mammals. They therefore breathe air but cannot survive on land. Some species are very large indeed and the blue whale, which can exceed 30 meters in length, is the largest animal to have lived on earth. Superficially, the whale looks rather like a fish, but there are important differences in its external structure; its tail consists of a pair of broad, flat horizontal paddles (the tail of a fish is vertical) and it has a single nostril on top of its large, broad head. The skin is smooth and shiny and beneath it lies a layer of fat (blubber). It can be up to 30 meters in thickness and serves heat and body fluids.











  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique


  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal
      • Tanya-jawab mengenai gambar dalam buku teks


  • Kegiatan Inti

      • Siswa mendengarkan teks lisan report sambil melengkapi teks tersebut.
      • Siswa merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosakata.
      • Siswa memberi label bagian-bagian tubuh seekor ikan.
      • Siswa membuat report seekor hewan secara berkelompok tanpa menyebutkan nama hewan tersebut.
      • Salah satu perwakilan dari tiap kelompok siswa maju ke depan dan kelompok siswa lain menebak hewan yang dilaporkan, dengan menggunakan ungkapan yang tertera di buku ( guessing games).

  • Kegiatan Akhir
Siswa mendapat feedback dari guru

  1. Sumber/Bahan/Alat
  • Buku Look Ahead 2
  • Kaset/CD
  • Tape
  • Script dari Look Ahead 2
  • Ensiklopedia dari perpustakaan

  1. Penilaian
  • Teknik: Performance Assessment (responding)
  • Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui 08 Oktober 2009
Kepala Sekolah                                                                            Guru Mata Pelajaran




Muhammad Mustofa, S. Ag.                                                           Kholil Hamid

RPP BAHASA INGGRIS (SPEAKING)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi (speaking)
  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

  1. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
  1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).
Indikator
  1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan
(expressing: surprise).
  1. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Tujuan Pembelajaran
    • Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: surprise).
    • Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
  • Menyatakan perasaan terkejut (surprise)
mis. A: Could you tell me how big is the blue whale?
B: A blue whale can weigh up to 115 tons
A: Wow, that’s amazing

  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal
      • Siswa mengetahui beberapa informasi menarik dari suatu hewan yang dibawa oleh guru.

  • Kegiatan Inti
      • Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise) melalui tape secara klasikal.
      • Siswa mendiskusikan dialog dan fungsi ungkapan yang didengar melalui tape.
      • Siswa membaca ungkapan-ungkapan lainnya yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
      • Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan menyatakan perasaan (expressing: surprise). Lainnya
      • Siswa mencari informasi di perpustakaan tentang karakteristik hewan yang menarik.
      • Siswa membuat dialog berpasangan tentang hal tersebut (fakta-fakta menarik tentang suatu hewan) dengan menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
      • Siswa mempraktekkannya dialognya dan memberi komentar tiap pasangan.

  • Kegiatan Akhir
      • Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Sumber/Bahan/Alat
  • Buku Look Ahead 2
  • Kaset/CD
  • Tape
  • Script dari Look Ahead 2
  • Ensiklopedia dari perpustakaan

  1. Penilaian
  • Teknik: Performance Assessment (responding)
  • Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui 15 Oktober 2009
Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran



Muhammad Mustofa, S. Ag                                                           Kholil Hamid