Welcome to Our Blog

Welcome to Our Blog
nice pict

Kamis, 03 Februari 2011

RPP BAHASA INGGRIS (SPEAKING)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi (speaking)
  1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

  1. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.

Kompetensi Dasar
  1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).

  1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).
Indikator
  1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan
(expressing: surprise).
  1. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Tujuan Pembelajaran
    • Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: surprise).
    • Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
  • Menyatakan perasaan terkejut (surprise)
mis. A: Could you tell me how big is the blue whale?
B: A blue whale can weigh up to 115 tons
A: Wow, that’s amazing

  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique

  1. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal
      • Siswa mengetahui beberapa informasi menarik dari suatu hewan yang dibawa oleh guru.

  • Kegiatan Inti
      • Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise) melalui tape secara klasikal.
      • Siswa mendiskusikan dialog dan fungsi ungkapan yang didengar melalui tape.
      • Siswa membaca ungkapan-ungkapan lainnya yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
      • Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan menyatakan perasaan (expressing: surprise). Lainnya
      • Siswa mencari informasi di perpustakaan tentang karakteristik hewan yang menarik.
      • Siswa membuat dialog berpasangan tentang hal tersebut (fakta-fakta menarik tentang suatu hewan) dengan menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
      • Siswa mempraktekkannya dialognya dan memberi komentar tiap pasangan.

  • Kegiatan Akhir
      • Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).

  1. Sumber/Bahan/Alat
  • Buku Look Ahead 2
  • Kaset/CD
  • Tape
  • Script dari Look Ahead 2
  • Ensiklopedia dari perpustakaan

  1. Penilaian
  • Teknik: Performance Assessment (responding)
  • Bentuk: Pertanyaan lisan

Mengetahui 15 Oktober 2009
Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran



Muhammad Mustofa, S. Ag                                                           Kholil Hamid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar