Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B. Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi (speaking)
- Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar, dan berterima menggunakan ragam bahasa lisan yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan ( expressing: surprise).
Indikator
- Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan
(expressing: surprise).
- Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan perasaan (expressing: surprise).
- Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: menyatakan perasaan (expressing: surprise).
- Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
- Menyatakan perasaan terkejut (surprise)
mis. A: Could you tell me how big is the blue whale?
B: A blue whale can weigh up to 115 tons
A: Wow, that’s amazing
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal
- Siswa mengetahui beberapa informasi menarik dari suatu hewan yang dibawa oleh guru.
- Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise) melalui tape secara klasikal.
- Siswa mendiskusikan dialog dan fungsi ungkapan yang didengar melalui tape.
- Siswa membaca ungkapan-ungkapan lainnya yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
- Siswa melafalkan ungkapan-ungkapan menyatakan perasaan (expressing: surprise). Lainnya
- Siswa mencari informasi di perpustakaan tentang karakteristik hewan yang menarik.
- Siswa membuat dialog berpasangan tentang hal tersebut (fakta-fakta menarik tentang suatu hewan) dengan menggunakan ungkapan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
- Siswa mempraktekkannya dialognya dan memberi komentar tiap pasangan.
- Kegiatan Akhir
- Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan (expressing: surprise).
- Sumber/Bahan/Alat
- Buku Look Ahead 2
- Kaset/CD
- Tape
- Script dari Look Ahead 2
- Ensiklopedia dari perpustakaan
- Penilaian
- Teknik: Performance Assessment (responding)
- Bentuk: Pertanyaan lisan
Mengetahui 15 Oktober 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Muhammad Mustofa, S. Ag Kholil Hamid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar