Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : MA Darul Ulum Waru
Mata Pelajaran : B.Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan ke : 6
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi (reading)
- Memahami dalam teks monolog lisan berbentuk report, narrative, dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan
- Mengungkapkan makna dalam monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
- Merespon makna dalam teks monolog sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk: report
- Mengungkapkan makna dalam teks monolog secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan yang berbentuk:
report,narrative, dan analytical exposition
Indikator
- Merespon wacana monolog: report
- Melakukan monolog berbentuk : report
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat merespon wacana monolog: report
- Siswa dapat melakukan monolog berbentuk report
- Materi Pokok
Teks monolog report, contohnya berikut:
Uhmm....... do you know Arachnids? I mean, it is a spider. Spiders are not insects. I mean spiders are Arachnids. Arachnids have four bite pairs of legs but they only have two body parts while insects have three pairs of legs and three body parts. The most surprising thing is that spiders have two to four pair of eyes. They can see extremely well.
Uhm .... spiders eat small insects such as flies and mosquitoes and you know what? They sometimes bite people. When a spider bites an insect, it doesn’t kill the insect immediately but a special poison passes through its fangs, and this poison paralyzes the body of the unlucky insect.
Most spiders make their own homes. They do this with a special substance produced by their bodies. In the corner of some rooms it is possible to find a spider’s web where the spider is waiting for its next dinner guest.
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal
- Siswa membaca penjelasan tentang teks monolog lisan report.
- Kegiatan Inti
- Siswa mendapat penjelasan mengenai teks monolog report (definisi dan organisasi teks)
- Siswa mendengarkan teks monolog report.dengan bantuan audio
- Siswa melengkapi teks monolog report.
- Siswa mendiskusikan isi jawaban mereka
- Siswa membaca teks monolog report.
- Siswa menjawab pertanyaan
- Siswa mengidentifikasi teks monolog report. yang didengar
- Kegiatan Akhir
- Siswa membuat kesimpulan mengenai karakteristik teks monolog report dan mendapat tugas membuat laporan pengamatan mengenai Lion secara berpasangan.
- Sumber/Bahan/Alat
- Buku Look Ahead 2
- Kaset/CD
- Script dari Look Ahead 2
6. Penilaian
- Teknik: Performance Assesment
- Bentuk: Cloze passages (listening) pertanyaan lisan, membaca teks monolog
Mengetahui 05 November 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Muhammad Mustofa, S. Ag Kholil Hamid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar